Selasa, 23 Juli 2019

Kesehatan masyarakat desa

   
foto bersama bidan di poskesdes

      Di desa Pademawu Barat kesehatan masyarakat sangatlah diperhatikan, dapat dilihat dari kegiatan yang sering dilakukan oleh poskesdes. Kegiatan tersebut ialah posyandu bumil, posyandu balita, dan posyandu lansia.
     Untuk pelaksanaannya sendiri setiap kegiatan posyandu balita dilakukan sebulan sekali dibalai desa maupun rumah kepala dusun serta warga dusun. Acara tersebut dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 10.00 WIB. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberi wawasan kepada ibu-ibu yang mempunyai balita serta memeriksa kondisi balita. Untuk kegiatan posyandu bumil nya sendiri dilakukan sebulan sekali bertempat di poskesdes di area balai desa Pademawu Barat. Acara tersebut berisikan edukasi untuk ibu hamil, dari yang hamil muda hingga hamil tua. Hal ini sangat membantu khususnya untuk calon ibu muda yang belum mengerti secara rinci tentang kesehatan janin dan kesehatan ibu hamil. Juga tentang asupan makanan yang dibutuhkan untuk ibu hamil, dan diberi tips agar pada proses melahirkan nanti menjadi lancar.  Sedangkan kegiatan posyandu lansia dilakukan di beberapa dusun yang berisikan tentang edukasi dan pemeriksaan kondisi kesehatan pada lansia di desa Pademawu Barat.
foto saat kegiatan posyandu bumil

foto saat mengikuti kegiatan posyandu balita

    Selain kegiatan posyandu juga ada kegiatan lainnya seperti edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Karena jika lingkungan sekitar bersih maka akan mencegah datangnya kuman dan nyamuk sehingga tidak menyebabkan penyakit DBD. Jika lingkungan bersih selain enak dipandang juga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL DESA PADEMAWU BARAT

Desa Pademawu Barat berada di wilayah administrasi Kabupaten Pamekasan. Desa Pademawu Barat terdiri dari tujuh (7) Dusun yaitu: Du...