Selasa, 23 Juli 2019

PRODUKSI ODHENG

    Odheng merupakan topi tradisional khas madura seperti halnya blangkon dijawa. Didesa Pademawu barat tepatnya didusun karang dhalem ada tempat pembuatan topi tradisional odheng Madura milik seseorang sarjana hukum yang bernama pak Gafir. Usaha tersebut sudah berjalan hampir 3 tahun sejak tahun 2017.
foto saat peserta KKN melihat proses produksi odheng

     Menurut pak Gafir usaha pembuatan odheng Madura tidaklah sulit untuk dipelajari. Dan ternyata odheng memiliki berbagai jenis sesuai daerahnya seperti odheng khas bangkalan yang memiliki ciri tidak mempunyai penutup diatas kepala atau biasa disebut odheng rakyat, odheng khas Pamekasan yang memiliki ciri mempunyai penutup diatas kepala dengan mempunyai kain yang berdiri seperti antena dan terbagi menjadi 2 warna yaitu kain batik warna merah untuk para pejabat dan kain batik warna coklat untuk kacong chebbing, odheng khas Sumenep memiliki ciri mempunyai bentuk lebih tinggi dari  jenis odheng yang lainnya dan memiliki bentuk seperti peci hitam dan odheng khas Sumenep identik dengan keluarga bangsawan atau kerajaan.
    Odheng yang diproduksi pak Gafir ini ternyata menggunakan limbah koran bekas. Selain untuk menekan biaya produksi, dipilihnya koran bekas sebagai bahan baku untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di tempat produksi lainnya. Untuk proses pembuatannya sendiri dimulai dengan kertas koran tipis yang dilem menggunakan lem fox yang kemudian akan menjadi kaku sehingga mudah dibentuk. Untuk cetakannya sendiri terbuat dari kayu berbentuk kepala manusia. Bahan lainnya ialah kain batik, spons tipis, kawat. Proses produksi untuk satu buah odheng memerlukan waktu kurang lebih setengah jam. Untuk pemasarannya sendiri odheng dikirim ke pemasok yang sudah menjadi langganannya. Sekaligus melakukan penjualan secara online di bukalapak.
foto bersama pemilik usaha pembuatan odheng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL DESA PADEMAWU BARAT

Desa Pademawu Barat berada di wilayah administrasi Kabupaten Pamekasan. Desa Pademawu Barat terdiri dari tujuh (7) Dusun yaitu: Du...