Selasa, 16 Juli 2019

KUNJUNGAN KETEMPAT PRODUKSI GARAM

   
 foto bersama ditempat produksi

Setelah mendapatkan informasi dari pak Budi kepala dusun Karangdhalem jika ada usaha pembuatan garam yang berada tidak jauh barat balai desa Pademawu Barat. Peserta KKN 97 melakukan kunjungan ketempat produksi garam dengan metode rekristalisasi atau pengkristalan ulang. Usaha produksi garam ini ialah milik perseorangan yang dijalankan oleh bapak Mulyadi yang dilakukan dihalaman rumahnya. Usaha produksi garam milik pak Mulyadi ini memiliki skala produksi 80-100 kg perhari atau sekali produksi.
foto saat membantu proses perebusan

foto saat pak mulyadi menjelaskan tentang usahanya

     Ditempat produksi garam peserta kuliah kerja nyata tidak hanya dapat melihat proses pembuatan namun juga membantu proses produksi mulai dari penyiapan bahan baku berupa air tawar dan garam kasar atau berkualitas rendah hasil dari tambak garam. yang kemudian dicampur setelah itu dilakukan filterisasi supaya tidak ada kotoran yang ikut dalam proses selanjutnya yaitu proses perebusan. Proses perebusan memakan waktu kurang lebih 2 jam diatas tungku buatan sendiri dari stainlees. Bahan bakar perebusan menggunakan kayu bakar dan sampah kertas, plastik, dan sampah rumah tangga. Dalam proses perebusan sendiri perlu dilakukan pembersihan kotoran berupa busa yang mengandung kapur dengan dilakukannya penyaringan pada saat air garam mulai mendidih.
foto saat peserta KKN membantu pengemasan

     Pada proses perebusan terjadi penyusutan untuk 1 kg garam menyusut 200 gram sehingga tersisa 800 gram. Setelah proses perebusan dan gara sudah mengkristal menjadi garam yang biasa kita lihat tidak dapat langsung dikemas tetapi harus melalui proses pengeringan terlebih dahulu dengan menggunakan mesin cuci yang sudah dimodifikasi untuk mengurangi kadar air didalam garam tersebut. Untuk kemasannya sendiri pak Mulyadi mempunyai 2 kemasan yaitu kemasan plastik untuk dijual disekitar lokasi usaha dan kemasan karung untuk dikirim ke Banyuwangi, Bali, dan Kediri.

Daw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL DESA PADEMAWU BARAT

Desa Pademawu Barat berada di wilayah administrasi Kabupaten Pamekasan. Desa Pademawu Barat terdiri dari tujuh (7) Dusun yaitu: Du...