Senin, 15 Juli 2019

SILATURAHMI KERUMAH KEPALA DUSUN

foto saat berkunjung ke kadus Mungsapada

     Sehari setelah diadakan acara pembukaan KKN kelompok 97 UTM di balai desa Pademawu Barat(03/07/2019). Peserta KKN memulai aktivitas dengan melakukan silaturahmi kerumah kepala dusun yang ada di desa Pademawu Barat yang berjumlah 7 dusun. Dusun tersebut antara lain dusun Karang dhalem dengan kadus pak Budi, dusun Kretek dengan kadus pak Rifadi, dusun Dharma dengan kadus pak Syairudin, dusun Mungsapada dengan kadus pak Salim, dusun Paninggin dengan kadus pak Slamet, dusun Asempitu dengan kadus pak Ruslan, dusun Tegalsari dengan kadus pak Mansur. Kunjungan kerumah kepala dusun yang ada ini untuk menjalin silaturahmi supaya terjalin hubungan yang baik seperti halnya hubungan peserta KKN dengan pak klebun(kepala desa).
foto saat berkunjung ke kadus Dharma

     Didalam kunjungan kerumah kepala dusun tersebut peserta KKN juga bertanya terkait kondisi dusunnya masing-masing. Seperti seputar potensi desa, hasil pertanian, kegiatan bermasyarakat, batas wilayah, dll. Dari hasil kunjungan kerumah kepala dusun tersebut didapat informasi yang cukup penting bahwa sebagian besar mata pencahariaan masyarakat desa Pademawu Barat ini ialah petani dengan hasil pertanian meliputi padi, tembakau, jagung, pisang, dll. Dan untuk innformasi kegiatan yang berlangsung didesa Pademawu Barat ini bergam mulai dari kegiatan kelompok tani disetiap dusun, kegiatan keagamaan(yasinan, diba'an, mengaji) yang dilakukan pada setiap dusun. Kegiatan PKK dan dasawisma didusun Dharma.
video saat dirumah kadus Dharma

     Selain memiliki potensi hasil pertanian seperti yang sudah disebutkan diatas ternyata di desa Pademaawu Barat ini juga terdapat wirausaha dalam pembuatan gerabah di dusun Asempitu, pembuatan odheng, pembuatan kripik tempe, pembuatan garam dengan proses kristalisasi di dusun Karangdhalem.
     Kunjungan kerumah kepala dusun selain untuk melakukan silaturahmi juga untuk meminta ijin atas salah satu program kerja KKN 97 UTM yaitu pembuatan plang(petunjuk) arah maupun rumah kepala dusun. Semoga dengan adanya kunjungan kerumah kepala dusun ini bisa terjalin tali silaturahmi dan komunikasi yang baik agar kegiatan kuliah kerja nyata kelompok 97 dapat berjalan dengan baik.

Daw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL DESA PADEMAWU BARAT

Desa Pademawu Barat berada di wilayah administrasi Kabupaten Pamekasan. Desa Pademawu Barat terdiri dari tujuh (7) Dusun yaitu: Du...