Kamis, 09 Januari 2020

Keripik tempe varian rasa khas pademawu barat (produk desa, cita rasa kota)

Salah satu Contoh Produk Unggulan KKN 55 Universitas Trunojoyo Madura


Program kegiatan masyarakat yang dilakukan oleh kelompok KKN di Desa Pademawu Barat menghasilkan sebuah inovasi dalam bidang ekonomi kreatif. Sektor unggulan yang menjadi prioritas di desa tersebut ialah pengolahan Kripik Tempe. pengolahan kripik tempe di desa tersebut diawali oleh bapak komaruddin yang memulai usaha tersebut sejak tahun 2017. Telah dua tahun berjalan sejak awal berdirinya usaha olahan kripik tempe, akan tetapi pangsa pasar belum menjamah ke pelbagai wilayah kota pamekasan. Pemasaran yang dilakukan hanya lingkup lokal Desa Pademawu.
Datangnya mahasiswa KKN berusaha melakukan sebuah riset terkait produk unggulan yang ada dalam desa tersebut. Mahasiswa yang melakukan riset menemukan problematika yang membuat kripik tersebut masih minim konsumen. Permasalah yang di dapat meliputi rasa, kemasan, dan sistem penjualan.
 Perihal pengolahan rasa, kripik tempe tersebut hanya menggunakan rasa original. dari hal tersebut kelompok KKN melakukan inovasi dari rasa yang awalnya original dikembangkan menjadi empat varian rasa yaitu balado, sapi panggang, jagung bakar, BBQ. Dalam hal kemasan diperbarui dengan kemasan yang lebih rabi dan ditambahkan stiker untuk memperindah kemasan. Sehingga dari hal tersebut konsumen akan tertarik untuk membeli kripik tersebut. Dalam hal pemasaran yang awalnya hanya sebatas menitipkan produk kripik tersebut ke warung-warung terdekat, kini diperbarui dengan cara memanfaatkan media online yaitu Shopee dan instagram sehingga konsumen lebih dimudahkan untuk membeli produk tersebut.
Sebelum produk yang dikembangkan oleh mahasiswa KKN. Dilakukan pula demo produk yang melibatkan masyarakat sekitar. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon konsumen terhadap produk yang disajikan. Demo produk yang pertama dilakukan pada 29/12/2019 yang melibatkan ibu-ibu PKK sebagai responden, hasil yang didapatkan yaitu mereka merasa puas dengan apa yang disajikan akan tetapi terdapat beberapa kritik yang disampaikan salah satunya yaitu untuk varian rasa coklat terkesan tidak tahan dan mudah lembek “yang rasa coklat ini malah hilang rasa tempenya mbak, dan gak renyah lagi” ujar ibu aisyah selaku ketua PKK.
Tidak hanya sekali melakukan demo produk, mahasiswa juga melakukan demo produk di acara cangkir “cangkrukan sambil mikir” dan yang hadir pada saat itu mayoritas pemuda, turut dihadiri pula tokoh masyarakat desa pademawu. Respon yang didapat pada acara tersebut juga positif. akan tetapi mereka juga menyayangkan perihal rasa coklat.
Setelah mengetahui respon masyarakat terkait produk kripik tempe. akhirnya pada 09/01/2020 mahasiswa KKN melakukan launching produk unggulan bertepatan dengan acara inagurasi sekaligus penutupan KKN kelompok 55 yang ada di desa pademawu barat, kecamatan pademawu, kabupaten pamekasan.
Cara pembuatan Kripik Tempe Varian Rasa:
Persiapkan alat dan bahan .
Alat :

  • ·         Wadah(Baskom) 4


  • ·         Sendok

Bahan:

  • ·         Kripik Tempe







·         





  • Bumbu Rasa Balado

 
   
  • Bumbu Rasa BBQ
 


 



  • Bumbu Rasa Jagung Bakar







·          




  • Bumbu Sapi Panggang




Cara Pembuatan :
  • Pisahkan wadah sesuai rasa
  • Isi perwadah dengan kripik tempe 
  • Isi perwadah dengan sesuai rasa, perwadah satu rasa
  • Aduk hingga seluruh kripik tempe terbalur dengan bumbu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL DESA PADEMAWU BARAT

Desa Pademawu Barat berada di wilayah administrasi Kabupaten Pamekasan. Desa Pademawu Barat terdiri dari tujuh (7) Dusun yaitu: Du...