Rabu, 24 Juli 2019

PELATIHAN PRODUK UNGGULAN DAN SOSIALISASI PEMASARAN ONLINE

   


foto bersama seusai pelatihan

          Pelatihan produk unggulan yang diadakan kelompok KKN 97 UTM pada minggu (21/07/2019) di Desa Pademawu Barat ialah pelatihan pembuatan nugget pisang. Sasaran pelatihan ini adalah ibu-ibu yang tergabung dalam PKK serta masyarakat sekitar balai. Yang menjadi alasan utama kelompok KKN 97 memilih bahan dasar pisang adalah mengingat melimpahnya tanaman pisang di hampir seluruh dusun di Desa Pademawu Barat.
foto saat melakukan demo memasak

    Dalam pelatihan yang diadakan pada kali ini tidak hanya memberikan pelatihan cara pembuatannya tetapi juga cara memasarkannya lewat online. Di Era digital saat ini masyarakat khususnya masyarakat di Desa pademawu barat dirasa perlu wawasan perdagangan secara online atau transaksi jual beli via online tanpa harus bertatap muka. Akan tetapi karena minimnya pengetahuan mengenai perdagangan online menyebabkan masyarakat enggan untuk memasarkan hasil karya atau dagangannya melalui online. Maka dari itu kelompok KKN 97 turut serta mengundang beberapa orang yang tergabung dalam komunitas bukalapak madura. Fakhur Rozi, selaku pembicara dari komunitas bukalapak madura mengungkapkan perlunya pemahaman dan pemanfaatan media saat ini untuk menunjang perekonomian masyarakat desa. Dalam acara pelatihan kemarin peserta pelatihan diberi wawasan tentang marketplace bukalapak cara transaksi yang aman, cara pengoperasiannya, dll. Diharapkan setelah kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan perekonomian di desa Pademawu Barat.

     Dalam pelatihan tersebut dipakailah pisang hasil kebun warga dusun Kertek Pademawu Barat. Alasan membuat olahan nugget pisang tidak lain karena hasil kebun pisang warga  sangatlah melimpah dan hanya dijual berupa pisang saja, jadi untuk menambah nilai jual pisang tersebut dibuatlah olahan nugget pisang. Untuk target pemasaran nugget pisang ini ialah seluruh lapisan masyarakat khususnya bagi pengelola restoran yang membutuhkan cemilan yang masih berupa frozen, dan harga yang dipatok dalam satu kemasan yang berisi 6 potong ialah Rp.8.000. Dalam pelatihan tersebut dijelaskan cara pembuatannya sebagai berikut :
1. Mengupas dan menghancurkan pisang terlebih dahulu
2. Mencampurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan gula dan tepung
3. Mengukus adonan pisang kurang lebih 30 menit
4. Setelah matang adonan didinginkan terlebih dahulu sebelum dipotong potong
5. Melumuri potongan adonan yang sudah matang dengan tepung panir
6. Siap dikemas dalam wadah plastik dan ditaruh dalam frezer
Foto produksi nugget pisang :

Foto adonan setelah dikukus

       
Foto saat adonan dilumuri tepung panir

Foto nugget pisang siap dikemas

Foto desain produk nugget pisang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL DESA PADEMAWU BARAT

Desa Pademawu Barat berada di wilayah administrasi Kabupaten Pamekasan. Desa Pademawu Barat terdiri dari tujuh (7) Dusun yaitu: Du...