Minggu, 22 Desember 2019

KKN 55 Universitas Trunojoyo Madura Mengabdi Rohani Melalui Mengajar Ngaji

     Mengajar mengaji merupakan salah satu program KKN 55 Universitas Trunojoyo Madura , Desa Pademawu Barat, Kecamatan Pademawu , Kabupaten Pamekasan tahun 2019. Program ini dirancangguna membantu TPQ dalam kegiatan pembelajarannya. Kegiatan mengajar mengaji dimulai sejak tanggal 19 Desember 2019 sampai tanggal 8 Januari 2020. Kegiatan ini dijadikan sebagai bentuk pengabdian rohani mahasiswa Kelompok 55 Universitas Trunojoyo Madura kepada masyarakat Desa Pademawu Barat. Kegiatan dilakukandengan sistem gilir, yaitu satu kelompok pada tiap-tiap lokasi TPQ (TempatPembelajaran Al-Qur'an). 


     Lokasi TPQ yang dituju adalah TPQ Al Kautsar di Dusun Asampitu, TPQ Darussalam di Dusun Tegal Sari, TPQ Ar-Rahman di Dusun Tega Sari, di Mushollah An-Najah di Dusun Karang Dalam. Kegiatan mengajar mengaji ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan di TPQ yang sudah ada. Kegiatan ini dilaksanakan dengan ikut serta dalam kegiatan menyimak bacaan dan belajar baca tulis alquran. Sistem pembelajaran disesuaikan dengan sistem pembelajaran yang sudah ada di TPQ.Proses pembelajaran diawali dengan doa bersama, disusul dengan membaca setoran sesuai dengan tingkatan anak, dan diakhiri dengan doa bersama. TPQ yang dijadikan tempat pengabdian memiliki sistem pembelajaran yang sama, namun ada perbedaan sedikit di setiap TPQ..
Keluaran yang diharapkan dengan adanya kegiatan ini adalah mampu memberikan pengalaman serta memperkenalkan diri dan juga mengakrabkan diri mahasiswa ke masyarakat umum Desa Pademawu Barat. Pengurus takmir juga merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROFIL DESA PADEMAWU BARAT

Desa Pademawu Barat berada di wilayah administrasi Kabupaten Pamekasan. Desa Pademawu Barat terdiri dari tujuh (7) Dusun yaitu: Du...